Cara Berkembangnya Hepatitis B Menjadi Kanker Hati Primer

Adanya infeksi hepatitis kronis yaitu penyebab dari 80% kanker hati primer yang terjadi, dan 500.000 jiwa diantaranya mengalami meninggal pada setiap tahunnya akibat dari penyakit kanker yang mematikan. Bahkan hingga saat ini, hanya 10% dari penderita penyakit kanker hati primer dapat bertahan hidup hingga 5 tahun.

Saat ini sudah ditemukan jenis vaksin yang efektif untuk melawan penyakit hepatitis B. Vaksin hepatitis B adalah vaksin pertama yang disebut dengan vaksin anti kanker, karena vaksin tersebut dapat menanggulangi hepatitis B yang sama artinya dengan menanggulangi kanker hati primer yang disebabkan oleh penyakit hepatitis B. Selain itu juga sudah tersedia terapi yang paling efektif untuk mengontrol dan juga membantu pada penderita penyakit hepatitis B kronis supaya terhindar dari kanker hati. Namun vaksin ini tidak dapat membantu untuk melindungi kanker hati yang disebabkan oleh penyakit hepatitis C kronis.

cara berkembangnya hepatitis b menjadi kanker hati primer

Apa yang dimaksud dengan kanker hati primer?

Kanker hati memiliki 2 jenis kanker, yaitu kanker hati primer dan kanker hati sekunder. Kanker hati primer adalah kanker hati yang berasal dari hati, dan sering disebut dengan Hepatocellular Carcinoma (HCC). Sedangkan kanker hati sekunder adalah jenis kanker hati yang berasal dari organ tubuh lain, yang kemudian menyebar ke organ hati. Ternyata di seluruh dunia, kanker hati primer berada di urutan ketiga sebagai penyakit kanker yang paling banyak menyebabkan kasus kematian.

Bagaimana penyakit hepatitis B bisa menyebabkan kanker hati primer?

Seseorang yang telah terinfeksi virus hepatitis B kronis akan sangat mudah terserang penyakit kanker hati. Orang-orang yang sudah terinfeksi hepatitis B akan beresiko lebih besar terserang kanker hati dibandingkan dengan orang yang tidak terinfeksi hepatitis B. Hal ini dapat terjadi karena virus hepatitis B akan secara langsung bahkan terus-menerus menyerang hati, dengan seiring berjalannya waktu maka dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati sehingga menyebabkan kanker hati.

Resiko terserang penyakit kanker hati akibat mengidap hepatitis B kronis akan semakin meningkat jika penderita sudah berumur atau memang telah terdiagnosis mengidap sirosis hati. Meskipun kanker hati biasanya terjadi setelah sirosis hati muncul, tetapi bukan berarti sirosis hanya merupakan pemicu terserangnya kanker hati tersebut. Dan ternyata kanker hati juga tetap bisa terjadi tanpa adanya penyakit sirosis hati.

| Artikel terkait : Obat Hepatitis

Resiko penyakit ini akan semakin tinggi jika penderita memiliki riwayat keluarga yang terserang kanker hati, karena tingginya DNA virus hepatitis B yang terus menyerang, dan bercampur dengan infeksi lainnya seperti hepatitis C atau bahkan HIV, selain itu juga karena dari gaya hidup yang tidak baik seperti sering mengonsumsi minuman alkohol dan merokok. Dari beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa obesitas dan diabetes juga menjadi pemicu terjadinya kanker hati. Perlu diketahui juga bahwa kanker hati lebih sering terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita, pada ras serta etnis manapun.

Gejala Kanker Hati

Kanker hati atau yang sering disebut dengan “Silent Killer” karena penderita akan biasa terlihat sehat tanpa gejala masalah kesehatan yang sudah hampr mencapai stadium akhir. Terkadang sebesar atau sekecil apapun ukuran dari tumor di hati tidak akan dapat terdeteksi akibat dari posisi hati yang terlindung oleh tubuh rusuk sehingga penderita tidak akan merasakan sakit.

Bahkan rasa sakit jarang terjadi hingga ukuran tumor benar-benar sudah besar. Saat ukuran tumor sudah besar dan juga disertai dengan fungsi hati yang akan mulai rusak, maka gejala-gejala itu akan mulai muncul pada kanker stadium akhir. Seperti kehilangan nafsu makan, lemas, berat badan menurun, sakit perut, mata dan kulit berwarna kuning, serta perut menjadi bengkak.

Apakah kanker hati diharuskan untuk melakukan screening?

Kanker hati yang akan membunuh secara perlahan-lahan. Maka dari itu bagi penderita hepatitis B sangat dianjurkan untuk melakukan screening kanker hati yaitu melakukan cek rutin medis. Terlebih bagi penderita hepatitis B kronis, screening kanker hati sangatlah penting karena kanker hati bisa menyerang tanpa adanya gejala-gejala muncul sirosis hati sebelumnya. Dengan semakin dini terdeteksi kanker hati, maka akan semakin banyak pilihan dari pengobatan yang dapat diambil sehingga akan membantu untuk meningkatkan bertahan hidup.

Screening kanker hati bisa dilakukan dengan cara tes darah guna untuk mengetahui kadar alpha-fetoprotein (AFP) sebanyak 6 bulan sekali dan melakukan USG setiap 2 bulan sekali dalam setahun.

Lalu bagaimana cara mengobati penyakit kanker hati?

Melakukan pengobatan kanker hati lebih sulit dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, hal tersebut dikarenakan biasanya kanker hati disertai dengan kerusakan hati yang disebabkan oleh adanya serangan virus hepatitis B. Para penderita diharuskan untuk menyeimbangkan resiko gagal hati, berbagai macam pilihan pengobatan, serta dampak dari pengobatan itu sendiri. Pengobatan yang sudah ada saat ini termasuk pada operasi, kemoterapi, serta obat yang dapat dikonsumsi secara oral. Sedangkan transplantasi hati adalah pilihan yang terakhir jika tumor kanker tersebut sudah tidak bisa lagi dilakukan dengan operasi.

| Cara Berkembangnya Hepatitis B Menjadi Kanker Hati Primer

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.